Thursday, May 26, 2011

Awas Ikan Segar Beresiko Bagi Udang



Petambak sering memberikan makanan tambahan berupa ikan segar dengan berbagai tujuan. Umunya mereka beranggapan bahwa penggunaan ikan segar akan lebih menguntungkan du tunjang harga ikan segar yang murah. Apakah memang demikian, hal ini perlu pembuktian.
Bila ingin mencoba menggunaka ikan segar, maka ikan segar yang di gunakan benar-benar harus masih segar dan tidak busuk. Karena ikan yang menjelang busuk atau rusak akan menyebabkan polusi dasar tambak. Ikan yang di pilih harus mempunyai tanda sbb: mata ikan masih bersih tanpa cacat atau kemerahan. Karena warna mata yang merah, menunjukkan ikan sudah lama dan menjelang busuk. Warna daging masih putih agak merah muda dan kenyal, sedangkan sisik ikan masih utuk dan melekat erat. Selain itu petambak harus tahu pasti berapa besar jumlah atau takaran ikan segar yang akan di gunakan sebagai pakan pengganti atau pakan tambahan dari pakan udang buatan.

Salah satu patokan yang dapat di gunakan oleh petambak adalah ratio 1:4 artinya: satu kilo gram pakan udang buatan pabrik,setara dengan nilai gizi ikan segar sebesar empat kilogram. Selanjutnya dalam menggunakan tambahan atau pakan pengganti petambak harus tahu pasti apa tujuan dari pemberian ikan segar tersebut, sebab pemberian ikan segar secara terus menerus dapat menyebabkan polusi dasar tambak dan bila tidak hati-hati, dapat menyebabkan daya dukung lahan (carrying capacity) menurun dengan cepat yang akan berdampak dengan menurunya daya guna penggunaan lahan.
Pada lahan tambak kondisi normal, penggunaan ikan segar sangat beresiko tinggi apabila, jumlah pemasokan air terbatas dan fasilitas pipa pembuangan dasar tambak tidak tersedia, maka keadaan ini semakin parah apabila petambak tidak mengontrol jumlah ikan segar yang akan di berikan. Alhasil malapetaka yang di dapat oleh petambak. Seyogyanya petambak harus tau betul resiko dari penggunaan ikan segar tsb, diantaranya:
  1. Plankton tumbuh cepat (blooming plankton),
  2. Kondisi lahan cepat menurun, 
  3. Memperbaiki kualitas udang dan bom waktu pada pemeliharaan berikutnya.

Blooming Plankton
Sebelum benur ditebar, acapkali warna air sulit untuk di bentuk. Dalam kasus ini penggunaan ikan segar dapat di gunakan sebagai pupuk alam ( natural fertilizer) untuk merangsang tumbuhnya plankton
   

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger